Lebih Murah, Kenapa iPhone 5C Kurang Laku?

Jakarta - iPhone 5C harganya lebih terjangkau dari iPhone 5S, meski tidak bisa dikatakan murah. Lantas, mengapa iPhone 5C malah kurang laku dibandingkan 5S?

Penelitian dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) di Amerika Serikat mengungkap bahwa penjualan iPhone 5S dua kali lebih banyak ketimbang 5C. Sebagai catatan, 5C dijual sekitar Rp 7 jutaan dan 5S di kisaran Rp 8,7 jutaan.


"Menurut survei CIRP pada konsumen yang membeli iPhone terbaru di akhir September, 5S mencakup 64% dari total penjualan iPhone. Sedangkan 5C 27%, diikuti iPhone 4S dengan 9%," sebut CIRP. Seperti diketahui, iPhone 5 sudah tidak dijual, namun iPhone 4S masih dipasarkan.


"Jadi, tidak hanya 5S mampu melampaui penjualan 5C, namun perbandingannya adalah dua banding satu," tulis CIRP yang detikINET kutip dari NewsFactor, Rabu (16/10/2013).


Penelitian tersebut sesuai dengan kabar bahwa Apple memangkas produksi iPhone 5C sampai 50%. Dari yang awalnya 300 ribu unit per hari menjadi 150 ribu unit saja.


Mengapa iPhone 5C tidak selaris 5S terdiri dari berbagai faktor. Salah satu yang mungkin jadi penyebabnya adalah faktor desain yang terbuat dari plastik.


"Ponsel dengan harga lebih murah cenderung akan mencaplok pangsa pasar ponsel flagship. Kami pun mengharapkan iPhone 5C mengalami pertumbuhan pasar lebih tinggi dalam bulan bulan mendatang, namun perubahan desainnya mungkin menghalangi hal itu," tambah CIRP.


iPhone 5C mirip mirip dengan iPhone 5 soal spesifikasi. Adapun fitur yang absen dibandingkan iPhone 5S seperti pemindai sidik jari dan prosesor 64 bit.


(fyk/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!