Waspada! WiFi Publik Banyak yang Tak Aman

Jakarta - Titik-titik WiFi begitu mudah ditemui di berbagai ruang publik. Pun demikian, Anda jangan lantas lengah. Sebab masih banyak akses WiFi yang tidak aman.

Menurut Kaspersky, banyak hotspot yang tidak dilengkapi dengan sistem pengamanan, dan para pengguna pun banyak yang tidak sadar atau tidak waspada akan masalah yang bisa ditimbulkan.


Menurut survei perusahaan keamanan internet tersebut, sebanyak 34% pengguna tidak melakukan tindakan khusus untuk melindungi aktivitas mereka saat online menggunakan WiFi.


Sementara itu sebanyak 14% pengguna tanpa ragu berbelanja online atau melakukan internet banking di jaringan apapun yang bisa mereka dapatkan.


"Sedangkan hanya 13% pengguna yang meluangkan waktu untuk mengecek standar enkripsi di hotspot yang mereka gunakan," kata pihak Kaspersky, melalui keterangan resminya yang dikutip detikINET, Jumat (18/10/2013).


Mengapa WiFi begitu rentan? Karena kita akan pernah tahu sedang apa yang dilakukan oleh seseorang yang berada di meja sebelah yang juga menggunakan laptop.


Karena bisa saja ia sedang mengawasi trafik iInternet orang-orang yang ada di sekitarnya, termasuk Anda. Mungkin saja ia sedang melakukan serangan ‘A Man-in-the-Middle’.Next


(tyo/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!