Teknik Fotografi: Memotret Ikan Siam Jadi Obyek Mengagumkan

Thailand - Sirip yang elok dengan warna-warni yang mengagumkan dari seekor ikan Siam diabadikan dengan menawan oleh Visarute Angkatavanich, fotografer asal Thailand. Simak teknik fotografi yang ia gunakan dalam sesi pemotretan.

Mulanya, fotografer ini dikenal karena sering menjual hasil karyanya melalui situs Microstock. Ia juga sering mencari obyek menarik lainnya untuk mempopulerkan galerinya. Namun bagi Angkatavanich, memotret ikan adalah passion yang sebenarnya.



Kenapa ikan? Ternyata, ia sejak kecil telah memiliki berbagai macam ikan, dan ikan petarung Siam adalah salah satunya. "Saya suka menjepret pergerakan mereka dalam berbagai pencahayaan untuk menunjukkan pose elegan mereka," paparnya.


"Sekarang ini banyak jenis ikan yang memiliki bentuk, warna dan pola unik. Saya terpesona oleh mereka dan saya mulai mengambil fotonya," ujar sang fotografer seperti detikINET kutip dari PetaPixel, Selasa (26/11/2013).



Dalam proses pemotretan, Angkatavanich memakai Nikon D800 dan lensa Macro 105mm f/2.8. Dalam sebagian besar kesempatan, ia menempatkan settingan strobe di atas fish tank.


Hal itu dilakukan untuk membersihkan tank dan airnya agar terlihat jernih. Alhasil, hasil jepretan pria yang aslinya memiliki latar belakang advertising tersebut membuat sang ikan terlihat mengambang di udara, alih-alih berenang di fish tank.



(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!