CEO Apple: iPhone Bisa Gantikan Alat Pembayaran

Jakarta - CEO Apple Tim Cook melihat mobile payment sebagai kesempatan besar di masa mendatang. Perangkat mobile seperti iPhone pun potensial dapat menggantikan alat pembayaran konvensional.

"Anda dapat melihat demografi pelanggan kami dan jumlah perputaran uang yang masuk melalui perangkat iOS. Ini adalah kesempatan besar pada platform tersebut," kata Cook, seperti dikutip detikINET dari Laptop Mag, Selasa (28/1/2014).


Pernyataan ini seolah memperkuat gosip yang sebelumnya beredar bahwa memang Apple tengah menyiapkan sebuah solusi untuk masuk ke segmen mobile payment dengan menggunakan perangkat iOS.


Sejauh ini Apple sudah menjajal bagaimana iDevice bisa menerapkan sistem pembayaran. Salah satunya adalah pemaksimalan fitur TouchID. Pengguna dapat membayar musik, film atau aplikasi iTunes lainnya hanya dengan sentuhan jari.


Apple tentu memiliki banyak amunisi ketika memutuskan untuk menggelar layanan pembayaran agar bisa bersaing layanan sejenis seperti Paypal dan Isis.


Perusahaan ini memiliki ratusan juta akun iTunes pada file yang terintegrasi dengan kartu debit dan rekening kartu kredit. Tentu saja potensial besar untuk melebarkan fitur ini ke penggunaan pembayaran yang ada.


(tyo/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!