Jual Motorola, Google (Tak) Rugi Banyak

Jakarta - Google sejatinya belum lama mengakuisisi Motorola Mobility. Yakni pada tahun 2011 dengan banderol USD 12,5 miliar. Tetapi di awal 2014, Motorola kembali dilego Google ke Lenovo dengan harga USD 2,91 miliar.

Jika melihat perbedaan harga untuk melepas Motorola, pasti banyak yang mengira bahwa Google rugi banyak dengan aksi penjualan tersebut. Sebab, selisih penjualan Motorola saat dibeli dan dijual Google mencapai USD 9,59 miliar!


Namun apa iya, Google rela serugi itu hanya untuk melepas Motorola yang pernah jadi legenda ponsel dunia?


Pastinya tidak! Google pasti telah berhitung dengan mantap soal plus minus dari dilepasnya Motorola ke Lenovo dengan banderol USD 2,91 miliar.


Sebab seperti dilansir Forbes, saat Google membeli Motorola Mobility pada tahun 2011 lalu, Google juga mendapat kas sebesar USD 3,2 miliar yang dimiliki Motorola. Ini ditambah dengan berbagai aset senilai USD 2,4 miliar.


"Jadi akuisisi tersebut (Motorola oleh Google-red.) bersihnya mencapai USD 6,9 miliar," papar Forbes.


Selanjutnya, Google menjual unit bisnis set-top box Motorola kepada Arris Group senilai USD 2,3 miliar. Ditambah dengan penjualan pabrik ke Flextronics USD 75 juta. Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!