Google Makin Serius Bikin Robot

Amerika Serikat - Google sepertinya memang serius mengembangkan teknologi robot. Setelah sebelumnya membeli perusahaan robot Boston Dynamics, kali ini raksasa internet tersebut mengakuisisi startup yang juga bergerak di bidang robotika.

DeepMind, nama startup, seperti dikutip detikINET dari USA Today, Selasa (28/1/2014), sukses memikat hati Google sehingga rela merogoh kocek sekitar USD 400 juta demi memilikinya. Didirikan oleh tiga orang jenius yakni Demis Hassabis, Shane Legg dan Mustafa Suleyman, DeepMind berkantor pusat di London, Inggris.


Di websitenya, DeepMind mendeskripsikan perusahaannya sebagai perusahaan pencipta kecerdasan buatan tercanggih. Mereka mengombinasikan teknik terbaik dari pembelajaran mesin dan sistem neuroscience untuk membuat algoritma yang paling pintar.


Desember silam, Google mengumumkan akuisisi terhadap perusahaan robot Boston Dynamics. Perusahaan ini dikenal sering mengembangkan robot militer untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat.


Salah satu kreasi Boston Dynamics yang terkenal adalah robot bernama BigDog. Robot ini membantu tentara membawa perlengkapan dan mampu melalui medan berbahaya, mendaki, bahkan dapat menyeimbangkan diri jika terpeleset.


Boston Dynamics tidak membuat robot untuk pasar komersial. Melainkan mereka memperoleh pendapatan dari kontrak jutaan dolar dari Departemen Pertahanan AS.


Dibelinya Boston Dynamics oleh Google, menandakan bahwa mereka serius pada bisnis robot. Divisi robotika Google, dipimpin oleh Andy Rubin, sosok yang dikenal sebagai pencipta sistem operasi Android.


Artikel Terkait

- 4 Robot Menyeramkan Google

- Mbah Google Bisa Kuasai Dunia, Tak Percaya?


(rns/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!