Duh, Rumitnya Pembangunan Pabrik Foxconn

Jakarta - Mimpi Indonesia untuk punya pabrik ponsel sepertinya memang harus dilalui dengan jalan berliku. Meski investor sudah di depan mata, namun pada prosesnya tak semudah yang dibayangkan.

Ya, pemerintah Indonesia saat ini tengah menjajaki kemungkinan untuk pembangunan pabrik dengan Foxconn. Perusahaan asal Taiwan itu merupakan partner manufaktur Apple, Nokia, BlackBerry, raksasa TI lainnya.


Jadi dengan kehadiran Foxconn di Tanah Air, tentu banyak yang berharap jika Indonesia juga dapat menjadi lumbung pembuatan gadget dunia. Tak melulu jadi konsumen, tapi juga produsen.


Mimpi ini sejatinya sudah mulai terwujud saat Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan bahwa Foxconn akan memproduksi ponsel dan tablet dengan membangun pabrik di Indonesia dengan menggunakan lahan milik Agung Sedayu Grup di Jawa Barat seluas 50 hektar.


"Tahun ini (2013-red.), bulan-bulan September sampai Desember antara itu. Tapi dipastikan tahun ini," kata MS Hidayat di sela-sela acara pertemuan puncak Forum Pemred di Nusa Dua, Bali, bulan Juni 2013 silam.


Namun apa mau dikata, rencana tinggal rencana, meski tahun 2013 sudah berlalu pada kenyataannya pabrik Foxconn belum juga dibangun.


Belakangan, MS Hidayat mengakui rencana pembangunan pabrik Foxconn molor sampai awal tahun 2014.Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!