Soal Bangun Pabrik, Erajaya Tampik 'Diputuskan' Foxconn

Jakarta - Foxconn sempat diisukan batal menggandeng Erajaya sebagai mitra lokalnya untuk pembangunan pabrik di Indonesia. Ketika dikonfirmasi, pihak Erajaya justru malah bingung dari mana kabar itu berasal.

"Bingung (dari mana kabar itu berasal). Saya saja tidak tahu. Siapa yang bilang?" ujar Direktur Marketing and Communication Erajaya Djatmiko Wardoyo ketika ditanya detikINET.

.

Yang pasti menurut Koko -- sapaan akrabnya -- proses pembangunan pabrik Foxconn di Indonesia itu melibatkan banyak pihak, dan sampai saat ini pun pembicaraannya masih berlangsung.


"Namun memang Foxconn yang di-approach (melakukan penjajakan) tak cuma dengan Erajaya. Dengan pihak lain juga. Termasuk kabar melirik Yogya untuk lokasi pabrik," lanjut Koko.


Pun demikian, antara Foxconn dan Erajaya saat ini belum ada kata 'putus'. Artinya kedua perusahaan masih dalam tahap pembicaraan dan Non Disclosure Agreement (NDA) sudah diteken.


"Memang itu bukan MoU (Memorandum of Understanding). Tetapi kita juga belum mendapat statement penolakan dari Foxconn," tandasnya.


Foxconn sendiri terakhir disebutkan tengah menjajaki kemungkinan untuk mendirikan pabrik di Yogyakarta. Manufakturing asal Taiwan itu pun telah menyodorkan banyak pertanyaan kepada Gubernur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait berbagai kesiapannya.


"Belum menentukan atau membicarakan masalah tempat. Ini masih awal, belum tentu jadi. Yang pentingkan mendekatkan, bisa gak fasilitas itu kita penuhi," kata Sultan di kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (27/1/2014).Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!