Kecepatan Internet Dunia Naik, Indonesia?

Jakarta - Sebuah riset menunjukan bahwa kecepatan internet secara global mengalami peningkatan. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Merujuk data yang dilansir Akamai, hingga kuartal ketiga 2013 kecepatan internet secara global naik 29% dibanding tahun lalu. Rata-rata kecepatan saat ini mencapai 3,6 Mbps.


Laporan tersebut juga menyebutkan adanya peningkatan konsumsi data pada perangkat genggam. Secara keseluruhan lalu lintas data mobile naik 80% dibanding tahun sebelumnya.


"Pada kuartal ketiga 2013 kami melihat adanya pertumbuhan kecepatan internet untuk jangka panjang. Kami percaya bahwa tren ini akan memberikan dampak positif kecepatan internet di seluruh dunia," tulis laporan Akamai.


Indonesia juga tak luput disebut dalam laporan tersebut. Menurut Akamai rata-rata kecepatan di Tanah Air mencapai 1,5 Mbps, atau naik 26% dibanding tahun lalu pada priode yang sama.


Pun begitu koneksi internet di Indonesia masih terbilang lelet jika dibanding negara tetangga. Sebut saja Filipina yang mencapai 1,8 Mbps, Vietnam 1,8 Mbps, Malaysia 3,2 Mbps, Singapura 7,8 Mbps, dan Hong Kong dengan kecepatan 12,4 Mbps.


Tapi jika dibandingkan seluruh negara di Asia Pasifik, India menduduki peringkat paling bontot soal kecepatan internet dengan rata-rata menyentuh 1,4 Mbps.


Berikut adalah table kecepatan internet yang dirilis Akamai, seperti dikutip detikINET, Kamis (29/1/2014).



(eno/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!