Apple Punya Paten 'Smart Bezel'

Jakarta - Portfolio paten Apple semakin kaya saja. Sang pembesut iPhone baru-baru ini mendapatkan hak kepemilikan atas paten terbarunya, 'smart bezel'. Ini adalah sebutan Apple untuk bezel-nya yang tak hanya akan mempercantik pinggiran gadget, tetapi punya fungsi lain.

Kebanyakan bezel di sekujur pinggiran display smartphone dan tablet, baik yang berbahan plastik maupun metal, belum ada yang menawarkan fungsi touch sensing. Nah, Apple mendesainnya agar punya kemampuan touch screen.


Dikutip dari UPI Science and Technology, Minggu (2/2/2014), paten untuk 'Gesture and Touch Input Detection through Force Sensing', disetujui pekan ini oleh lembaga paten Amerika Serikat. Tampaknya teknologi ini akan digunakan pada iPhone atau iPad terbaru.


Berdasarkan deskripsi paten tersebut, terdapat empat sensor tambahan yang akan dibenamkan pada perangkat touch screen seperti iPhone dan iPad. Satu sensor ditempatkan di setiap ujung bezel. Desainnya pun dibuat agar pengguna lebih nyaman menggenggam perangkat mobile mereka.


Sensor di tiap sudut bezel, kabarnya akan memperluas coverage area touch sensitive. Sensor ini bisa mendeteksi starting point dan pergerakan sentuhan, sehingga menghasilkan multitouch gesture yang lebih canggih untuk mengontrol gadget.


(rns/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!