Ini Alasan Apple 'Bunuh' Kloningan Flappy Bird

Jakarta - Setelah 'kematian' Flappy Bird, seketika muncul game sejenis dengan nama mirip di Android dan iOS. Tren aji mumpung ini, sayangnya tidak akan bertahan lama.

Karena, Google dan Apple tengah berperang melawan game-game yang berusaha mencari keuntungan dari meningkatnya popularitas Flappy Bird. Di kedua platform tersebut ,memang muncul nama game seperti Flappy Fish, Flappy Pig dan lain sebagainya.


Ketegasan ini ditunjukan Apple dengan melarang salah satu pengembang Juice Media yang curhat melalui Twitter karena aplikasi bernama Flappy Dragon ditolak masuk di App Store.


"Kami menemukan nama aplikasi Anda mencoba untuk memanfaatkan aplikasi popular," kata pihak Apple yang ditirukan oleh Juice Media, seperti dilansir The Verge, Senin (17/2/2014).


Bahkan beberapa pengembang juga menerima tanggapan serupa dari Apple dan Google. Dalam beberapa kasus , pengembang mempertimbangkan untuk mengubah judul di gamenya.


Seorang juru bicara Apple mengatakan bahwa perusahaan tidak hanya menolak game dengan nama 'Flappy', melainkan judul yang jelas berusaha untuk mengelabui pelanggan, membuat mereka berpikir aplikasi merupakan pengganti atau berhubungan dengan yang asli . Sementara Google belum memberikan komentar.


(tyo/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!