Apple Bikin Foxconn Kaya Raya

Jakarta - Foxconn makin kaya raya berkat Apple. Manufaktur ponsel ini berhasil membukukan keuntungan USD 3,5 miliar sepanjang 2013 atau naik 12,7% berkat banjir order dari Apple.

Sejatinya, perusahaan yang punya nama lengkap Hon Hai Precision ini tak hanya menerima order dari Apple, tapi juga memproduksi untuk Sony, Nokia, dan terakhir BlackBerry.


Namun tercatat, hanya Apple yang memberikan kontribusi terbesar. Foxconn memperoleh pendapatan sebesar 40% dari Apple yang menjual sebanyak 51 juta unit iPhone dan 26 juta iPad di kuartal terakhir.


Sedangkan total pendapatan dari Foxconn selama 2013 sebesar USD 129,8 miliar naik dibandingkan 2012 sebesar USD 128,5 miliar. Demikian seperti detikINET kutip dari Wall Street Journal, Rabu (2/4/2014),


Foxconn juga berencana mengeluarkan investasi sekitar USD 90 juta untuk pengembangan manufaktur dan perangkat lunak di China guna mengantisipasi kerasnya kompetisi.


Selain itu, perusahaan ini juga tengah mengembangkan perangkat lunak dan bermain di pasar ritel untuk produk aksesori seluler dengan nama Coverbank. Para analis memprediksi kinerja Foxconn untuk kuartal pertama 2014 akan melambat karena Apple belum juga mengeluarkan produk baru.


Namun untungnya, itu masih bisa ditutupi dengan orderan dari Nokia dan BlackBerry. Foxconn sendiri juga tengah ditunggu untuk bikin pabrik di Indonesia guna menekan impor ponsel yang tahun lalu mencapai USD 2,6 juta.


(rou/rou)