Begini Cara Kerja Aplikasi Google Glass Mahasiswa UGM

Jakarta - Sekelompok mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil membuat aplikasi Quick Disaster yang memang ditujukan untuk Google Glass. Lantas, bagaimana cara kerja aplikasi untuk penanggulangan bencana alam ini?

Dijelaskan oleh Kepala Tim Penelitian Daniel Oscar Baskoro, bahwa aplikasi ini sejatinya merupakan kumpulan informasi mengenai bagaimana cara menghadapi bencana yang terjadi. Misalnya seperti gempa bumi, banjir atau gunung meletus.


“Jadi pengguna cukup mengatakan, 'Ok Glass, Quick Disaster Finding Solution'. Maka seketika segala informasi cara menghadapi bencana akan segera ditampilkan di layar Google Glass,” papar Oscar saat berbincang dengan detikINET, Senin (5/5/2014).


Informasi tersebut bisa didapatkan oleh pengguna Google Glass dengan cepat dan tepat, karena memang semua data disimpan ke database yang bisa diakses secara offline. Sehingga tidak perlu menunggu informasi terhubung dengan internet.


Oscar mengatakan tujuan utama dari aplikasi Quick Disaster ini memang sebagai sarana menyelamatkan diri dengan cepat, tanpa membuat panik pengguna yang terkena musibah. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa aplikasi ini bersifat offline.


“Ke depannya kita inginnya ada fitur yang berdasarkan lokasi. Sehingga informasi yang didapatkan bisa lebih spesifik lagi,” tambahnya.


Merunut ke belakang, Oscar mengatakan, bahwa aplikasi ini datang dari ide karena Indonesia beberapa tahun belakangan sering tertimpa musibah. Tim yang terdiri dari lima orang mahasiswa UGM lintas angkatan itu ingin memberikan solusi atas bencana yang terjadi.Next


(tyo/rou)