Secanggih Apa Aplikasi Mobile di Masa Depan?

Los Angeles - Perkembangan teknologi dan aplikasi mobile sangat cepat terjadi. Jika tidak segera mengadopsi teknologi terbaru, aplikasi dengan cepat menjadi ketinggalan zaman.

Seiring penggunaan smartphone yang makin meningkat setiap tahunnya, ditambah dengan kebutuhan akan penyajian berbagai data secara mobile, aplikasi mobile menjadi kebutuhan yang tak terelakan bagi kaum urban.


Menurut survey Gartner, tahun 2013 saja, toko aplikasi mobile mampu mencapai total download hingga 102 miliar, meningkat dari 64 miliar di tahun 2012. Tahun 2014 diproyeksikan jumlah tersebut akan meningkat seiring dengan penggunaan smartphone baik untuk mengakses data maupun bekerja yang semakin masif.


Makin besar kebutuhan membuat ekspektasi pengguna terhadap aplikasi mobile semakin besar.


Adam Jaques, Director of Citrix Labs Strategic Service, dalam breakout sessions di Citrix Synergy 2014 yang digelar di Anaheim Convention Center, Kamis (8/5/2014) waktu setempat, mengungkapkan tiga faktor yang seharusnya dimiliki aplikasi di masa depan.


Pertama, aplikasi harus lebih pintar dari generasi sebelumnya. Kedua, berinovasi melalui API pihak ketiga. Jaques mencontohkan solusi collaboration yang sedang digodok di lab Citrix yaitu Crystal Palace.


Crystal Palace pada intinya merupakan solusi yang bekerja pada cross-platform dimana user dapat melakukan contact grouping lalu berkolaborasi dalam menulis dokumen, saling berbagi file, dan lainnya. Next


(mel/eno)