Siri Bisa Diperintah Bobol iPhone

Jakarta - Siri bisa menjadi 'senjata makan tuan' bagi para pemilik iPhone. Selain bisa diperintah banyak hal, asisten digital ini juga ternyata bisa jadi kuda trojan untuk membobol iPhone. Bagaimana bisa?

Bug pada sistem lockscreen iOS 7 memang seakan tidak ada habisnya. Dulu, waktu pertama kali dirilis, seorang tentara berusia 36 tahun asal Spanyol berhasil menemukan celah untuk membobol password iPhone. Celah ini pun kemudian langsung ditambal Apple.


Kini masalah yang sama kembali terulang. Namun cara untuk membobolnya berbeda, kali ini menggunakan Siri yang sejatinya dibuat untuk membuat pengguna iPhone lebih nyaman.


Trik tersebut ditemukan oleh ahli bedah saraf asal Mesir, Sherif Hashim. Bug ini sukses dijajal pada iPhone dengan iOS 7.1.1 yang sudah mengintegrasikan Siri di dalam lockscreen.


Seperti dikutip detikINET dari Cult of Mac, Rabu (7/5/2014), celah tersebut memungkinkan siapa saja untuk memerintah Siri untuk melihat daftar kontak yang ada pada ponsel.


Tapi bukan itu saja. Siri juga bisa diperintahkan untuk melakukan panggilan telepon, kirim SMS atau email, kepada kontak yang sudah dilihat tadi. Padahal hal ini seharusnya tidak bisa dilakukan pada saat layar sedang terkunci.


Pun begitu pengguna sebenarnya tak perlu panik. Untuk mengantisipasi celah tersebut, pengguna iPhone hanya perlu menonaktifkan Siri pada lockscreen. Mudah bukan?


(eno/rou)