Menyoal Keamanan Bekerja di Luar Kantor

Los Angeles - Tren bekerja dari luar kantor makin menjamur. Tapi masih banyak pihak yang belum berani mencoba karena khawatir dengan keamanannya.

Bekerja di luar kantor dengan perangkat mobile memang praktis dan membuat kerja lebih fleksibel. Namun hal tersebut kerap menimbulkan beberapa kekhawatiran.


Bagaimana dengan keamanan akses data perusahaan? Bagaimana dengan keamanan perangkat yang dipergunakan saat mengakses data?


Menurut survey Forrester yang dilansir dari situs Citrix, 67% bos di perusahaan IT mengkhawatirkan kurangnya proteksi terhadap data di perangkat mobile. Sementara menurut Menurut survey Gartner, pada 2015 lebih dari 75% aplikasi mobile akan gagal melewati tes security yang paling basic.


Hal tersebut juga menjadi perhatian utama Citrix Systems, perusahaan yang menawarkan solusi ruang kerja mobile terdepan.


Dijelaskan oleh Rajiv Taori, VP Product Management Citrix Systems, ada dua are besar yang menjadi fokus Citrix yaitu workspace services dan mobility. Keduanya sama-sama membutuhkan keamanan yang mumpuni.


"Keamanan adalah major issue buat kami, jadi fokus kami adalah memastikan end-to-end security terpenuhi," jelasnya di sela-sela Citrix Synergy yang digelar di Anaheim Convention Center, Selasa (6/5/2014) waktu setempat, kepada detikINET.


Baru-baru ini Citrix telah melakukan penyempurnaan dalam segi keamanan yang mereka implementasikan dalam solusi XenMobile 9. Solusi tersebut adalah platform mobile management terbaru keluaran Citrix yang menjamin keamanan data melalui pemenuhan FIPS 140-2 yang bekerja cross-platform di mobile device.


Citrix juga kerap menggunakan pihak ketiga seperti vendor dan komunitas hacker untuk secara berkala melakukan penetration test. "Kolaborasi dengan pihak ketiga untuk memastikan keamanan dalam mobile workspace oleh end user menjadi perhatian kami," pungkasnya.


(mel/eno)