Nokia Garap Bisnis 'Awan' Bareng Juniper

Jakarta - Pasca unit bisnis ponsel Nokia dibeli Microsoft, vendor asal Finlandia ini pun mencoba move on dengan cara menjajal peluang bisnis yang ada di depan mata. Tentunya yang masih berhubungan dengan unit bisnis jaringan miliknya.

Setelah menggandeng Tesla dan Google untuk merambah bisnis mobil pintar, Nokia ternyata juga berkobalorasi dengan Juniper Networks untuk menggarap potensi pasar cloud computing yang lagi marak belakangan ini.


Keduanya baru saja mengumumkan kerjasamanya di bidang network function virtualization (NFV) dan telco cloud management, serta pengembangan arsitektur data center dari Juniper Networks MetaFabric.


Nokia menyatakan, operator yang menggunakan solusi mereka akan menikmati ekosistem terbuka untuk solusi cloud berdasarkan OpenStack yang menawarkan pengembangan aplikasi secara otomatis, aplikasi software defined yang terkoneksi, dan network management.


"Cloud computing telah mengubah arsitektur jaringan melalui virtualisasi dan software defined. Nokia dan Juniper bekerjasama untuk memperkuat ekosistem," kata Vice President, Current Analysis Peter Jarich, seperti detikINET kutip Cellular News, Rabu (7/5/2014).


Solusi ini juga memungkinkan operator untuk ekspansi jaringan lamanya secara mulus ke arsitektur terbaru. Disebutkan, hasil kerjasama ini akan hadir pada tahun ini juga.


(rou/eno)