Kacamata Virtual Game Jadi Kendali Tank Norwegia

Jakarta - Perangkat head-mounted display ternyata tak cuma berguna untuk seru-seruan main game virtual reality saja. Contohnya Norwegia yang menggunakan kacamata game Oculus Rift untuk mengendarai sebuah tank.

Dengan plat baja tebal tertutup yang meliputinya, mengendarai sebuah tank memang tidak mudah. Terutama dengan minimnya pandangan ke luar tank, menyulitkan pengendara di dalamnya memantau kondisi di luar tank.


Kemampuan Oculus Rift pun diyakini bakal mampu menjawab tantangan tersebut. Berbekal sejumlah kamera yang ditempatkan di luar tank, pengendaranya akan dapat melihat kondisi luar hampir ke segala arah lewat tampilan pada Oculus Rift.


Militer Norwegia disebut telah mulai melakukan pengembangan untuk membenamkan kemampuan Oculus Rift pada tank. Nantinya pengendara tank dapat melihat hingga 185 derajat dari sudut tank ke sudut lainnya dan bahkan dapat melongok ke bagian bawah tank.


Seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Selasa (6/5/2014), minat militer Norwegia terhadap Oculus Rift pun menimbulkan spekulasi. Pasalnya, Facebook selaku pemilik kacamata virtual ini mungkin akan memanfaatkan kesempatan itu dan menggalinya lebih dalam untuk potensi di dunia militer.


(yud/rou)