Antivirus di Smartphone, Apa Sudah Cukup?




Suasana Ngopi Bareng detikINET (sha/inet)


Jakarta - Seiring kecanggihan teknologi smartphone, ada banyak manfaat yang bisa didapat pengggunanya. Namun perlu diingat, semakin canggih teknologi, kian besar pula risiko keamanan mengintai.

Tak heran, pengguna smartphone pun biasanya akan 'membentengi diri' dari bahaya dengan memasang antivirus di perangkat mereka. Apakah menggunakan antivirus di smartphone sudah cukup efektif?


Antivirus specialist dari Vaksincom Alfons Tanujaya menyebutkan, menggunakan antivirus di smartphone cukup efektif menangkal serangan cyber.


"Sejauh yang saya tahu, tidak ada keluhan ada virus yang lolos," ujarnya dalam acara Ngopi bareng detikINET di Auditorium Bank Mega, Jakarta, Rabu (16/1/2013).


Yang menarik, di acara dengan topik 'Ancaman Program Jahat Pada Smartphone' ini, Alfons mengatakan bahwa yang terpenting justru kebiasaan security yang baik dari si pengguna sendiri.


"Jadi bukan antivirusnya yang melindungi Anda tapi kebiasaan melindungi jauh lebih penting," ujarnya.


Ditambahkannya, kecanggihan tidak perlu ditakuti, melainkan diambil manfaatnya. Pembicara lainnya, Direktur Marketing Era Jaya Djatmiko Wardoyo mengamini pernyataan Alfons.


"Jadi garis besarnya bagaimana kedewasaan kita dalam memanfaatkan smartphone. Selama mengikuti koridor yang ada, mengambil aplikasi hanya dari sumber terpercaya, manfaatnya bisa jauh lebih besar. Tapi kalau apapun dicoba itu berbahaya," jelasnya.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!