Serbuan Spam Didominasi 'Seks'




Kategori Spam Global (symantec)


Jakarta - Spam alias pesan sampah yang wara-wiri di email seakan tak ada habisnya. Namun jika mau ditelaah lebih jauh, serbuan spam global didominasi oleh subyek seks dan kencan.

Berdasarkan laporan Security Intelligence Symantec, pada bulan Desember 2012, rasio spam global spam dalam trafik email mengikuti kecenderungan tingkat spam yang secara bertahap menurun sejak akhir tahun 2011.


Rasio global spam dalam trafik email adalah sebesar 70,6% (1 dalam 1,42 email), meningkat sebesar 1,8% poin sejak bulan November 2012.


Kategori seks/kencan mendominasi trafik spam global, dengan menyumbang sebesar 82,6% dari seluruh trafik email. Kategori ini sering kali berada pada spot teratas, mengalahkan spam farmasi, namun marginnya jarang sebesar ini.


Di Indonesia sendiri, rasio spam dalam trafik email bulan Desember 2012 meningkat sebesar 1,1% sejak bulan November 2012, menjadi 69,7%.



Sementara terkait ancaman malware (program jahat). Rasio global dari virus yang berasal dari email dalam trafik email adalah 1 dalam 277,8 email (0,36%) di bulan Desember 2012, turun sebesar 0,03% poin sejak bulan November.


Menurut Symantec, sebanyak 27,2% malware yang berasal dari email berisi link ke situs web berbahaya di bulan Desember 2012, 13,0% poin lebih tinggi dibandingkan bulan November 2012.


Di Indonesia, rasio virus yang berasal dari email dalam trafik email turun menjadi 1 dalam 672,9 dibandingkan dengan 1 dalam 636,5 di bulan November 2012.



Adapun untuk aktivitas phishing (pencurian informasi), industri perbankan sekali lagi menjadi yang paling 'seksi' untuk menjadi target. Yaitu dengan presentase sebesar 65% dari keseluruhan serangan di bulan Desember 2012.


Tingkat phishing global meningkat sebesar 0,225% poin di bulan Desember 2012, membuat rata-rata global menjadi 1 dalam 377,4 email (0,27%) yang terdiri dari beberapa bentuk serangan phishing.



( ash / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!