Bidik iPhone, Sony Siapkan Android Premium




Xperia Z (sony)


Jakarta - Sony ingin fokus membuat ponsel Android untuk pasar kelas atas. Tujuannya untuk meningkatkan keuntungan dan melawan ponsel premium dari para rival seperti iPhone atau Samsung Galaxy.

"Itulah mengapa kami ada di dalam bisnis ini dan mengapa kami berinvestasi besar-besaran," kata CEO Sony, Kazuo Hirai yang detikINET kutip dari Telegraph, Jumat (18/1/2013).


Sejak berpisah dari Ericsson, Sony sudah beberapa kali meluncurkan Android premium. Model paling baru adalah Xperia Z dan ZL, ponsel high end yang tahan air.


Kedatangan Xperia Z disambut cukup baik karena desain dan fiturnya yang solid. Namun Sony masih harus berjuang keras melawan Apple dan Samsung.


Penjualan ponsel Samsung dibanding Sony saat ini adalah enam banding satu. Dan iPhone masih termasuk smartphone paling populer di dunia.


"Akan sulit bagi Sony untuk menandinginya (Galaxy dan iPhone-red.). Namun pasar masih akan terus tumbuh dan memungkinkan Sony untuk menambah penjualannya," kata Hideki Yasuda, analis industri dari Ace Securities.


Dengan fokus pada smartphone premium, Sony berharap bisa meraup profit karena margin keuntungan di pasar ini lumayan besar. "Namun kompetisi smartphone high end terus bertambah ketat," ucap Amir Anvarzadeh dari BGC Partners.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!