Apple Patenkan Fitur Layanan Darurat Berbasis Lokasi




ilustrasi (ist)


Cupertino - Apple baru saja mendapatkan paten dari US Paten and Trademark Office dengan nama Location-Based Emergency Information. Paten ini akhirnya memunculkan pertanyaan, Apple sedang menyiapkan sesuatu?

Berdasarkan penelusuran AppleInsider yang detikINET kutip Rabu (16/1/2013), paten ini diajukan oleh nama Scott Forstall yang saat itu menjabat sebagai kepala pengembangan iOS.


"Ketika seorang berpergian ke luar negeri, keadaan darurat bisa terjadi," demikian pembukaan tulisan mengenai informasi dan alasan pengajuan paten tersebut.


"(Di luar negeri) misalnya, orang bisa saja mengalami kecelakaan, menjadi korban kecelakaan atau kehilangan dokumen. Dalam situsasi ini, memiliki pengetahuan tentang informasi kontak layanan darurat lokal atau konsuler yang bersangkutan dapat bermanfaat."


Apple juga mencatat dalam dokumennya bahwa proses pengumpulan informasi layanan darurat lokal sebelum berpergian dapat memakan waktu, tertutama jika seseorang berencana untuk berhenti di berbagai kota atau negara.


Belum lagi kemungkinan bahwa seorang 'musafir' akan lalai untuk mengumpulkan informasi ini seluruhnya, sehingga bisa menimbulkan potensi dalam situasi yang darurat.


Untuk mengatasi masalah ini, konsep Apple fitur Emergency untuk iOS yang akan memberikan pengguna akses cepat bantuan medis, polisi, atau pemadam kebakaran setempat, berdasarkan lokasi di mana iPhone mereka berada.


Informasi tersebut dapat memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menghubungi pihak berwenang darurat di luar negeri, situasi di mana pengguna mungkin tidak tahu nomor darurat yang tepat.


Fitur emergency berbasis lokasi ini mungkin saja akan hadir di update iOS yang terbaru, yang disebut-sebut adalah iOS 7.


( tyo / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!