Ilmuwan Bikin Baterai Ponsel Lentur Pertama di Dunia




Konsep ponsel dengan layar fleksibel Youm (Telegraph)


Jakarta - Smartphone masa depan konon bodinya fleksibel sehingga bisa ditekuk tekuk. Impian ini kian mendekati kenyataan setelah ilmuwan di Korea Selatan mengembangkan baterai smartphone yang fleksibel dan disebut-sebut pertama di dunia.

Tim ilmuwan di Ulsan National Institute of Science and Technology, mengatakan bahwa mereka mengembangkan material polymer electrolyte yang lebih lentur ketimbang baterai tradisional. Dan juga lebih stabil dan aman.


"Baterai lithium ion konvensional yang menggunakan liquefied electrolytes punya masalah keamanan karena film yang memisahkan electrolytes mungkin meleleh jika kena panas," kata juru bicara institusi tersebut yang detikINET kutip dari Telegraph, Kamis (17/1/2013).


Di pihak lain, vendor seperti Samsung Electronics juga mengembangkan teknologi layar fleksibel. Samsung telah mendemonstrasikan kebolehan layar fleksibel bernama Youm yang cukup memukau.


Bahkan kabarnya, smartphone masa depan Samsung akan segera dibekali layar fleksibel tersebut. Meski masih jadi tanda tanya besar, Samsung Galaxy S IV yang akan segera diluncurkan dispekulasikan memakai layar lentur.


Didukung dengan pengembangan baterai lithium ion fleksibel, sepertinya kedatangan smartphone berbodi lentur memang tinggal menunggu waktu.


( fyk / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!