Kiat Sukses Menjadi CTO Terbaik

Jakarta - Tak mudah menjadi seorang CTO--Chief Technology Officer, apalagi di era kompetitif seperti saat ini. Agar tak salah langkah dalam mengambil keputusan soal arah teknologi perusahaan, simak saja kiat sukses dari salah satu CTO terbaik yang pernah ada.

detikINET dalam sebuah pertemuan berkesempatan untuk mewawancarai Hu Yoshida, Vice President sekaligus CTO Hitachi Data Systems (HDS) yang tengah berkunjung ke Indonesia. Dalam kesempatan singkat, kami coba membahas sedikit tentang dunianya para CTO.


Bukan tanpa sebab pembahasan itu dipilih. Pasalnya, pria kelahiran Jepang yang lama tinggal di Amerika Serikat ini sudah kenyang makan asam garam dunia teknologi. Sebelum bergabung di HDS sejak 1997 silam (hingga sekarang), Yoshida sempat menghabiskan 25 tahun masa hidupnya bekerja untuk IBM.


Di IBM, ia menduduki peran di manajamen untuk kinerja perangkat keras, pengembangan piranti lunak, dan pengelolaan produk. Ilmu yang ia pelajari di kantor lamanya inilah yang membantunya dalam mengembangkan standar terbuka untuk pengelolaan storage saat bergabung dengan HDS.


Setelah itu, tanggungjawabnya pun meningkat untuk menetapkan strategi bisnis HDS di bidang storage Area Network, Network Attached Storage, dan segala hal yang terkait dengan jaringan dan teknologi data. Puncaknya pada tahun 2006, ia pun dinobatkan sebagai 'CTO of the Year' berkat kesuksesannya.


Lantas, apa kunci suksesnya?


"Menjadi seorang CTO saat ini penuh tantangan. Anda tak hanya harus paham dunia teknologi. Tapi tantangan terbesarnya adalah Anda harus banyak bicara dengan orang lain. Anda harus mau mendengarkan dan mencari jawaban solusi atas kebutuhan mereka," papar Yoshida.Next


(rou/fyk)