'Verified Member' di Toko Online Bukan Jaminan!

Jakarta - Transaksi jual-beli di ranah online memang menyenangkan, namun ancaman penipuan masih jadi momok menakutkan. Memang beberapa website telah memberikan status khusus bagi penjual yang terdaftar, namun nyatanya hal tersebut belum menjadi jaminan.

Status verified member ataupun donatur biasanya mencerminkan penjual yang telah terdaftar dalam sebuah website jual-beli. Biasanya status tersebut jadi patokan bagi calon pembeli yang khawatir terhadap penipuan akan barang yang dibelinya.


Sebagian besar penjual yang memiliki status tersebut memang banyak yang terpercaya atau bahkan kerap disematkan predikat ‘recommended seller’, tapi ternyata tak sedikit juga yang justru memanfaatkannya untuk melakukan penipuan.


Hal itu dialami sendiri oleh seorang pengguna internet bernama Anto. Suatu ketika dirinya pernah ingin membeli sebuah barang yang harganya di kisaran ratusan ribu rupiah di situs tokobagus (sekarang bernama olx). Seperti banyak tindakan penipuan dulu, sang penjual pun memintanya untuk melakukan pembayaran dengan cara transfer.


Anto mengatakan awalnya dirinya memang berniat melakukan transfer pembayaran tanpa curiga karena embel-embel penjual terverifikasi yang dimiliki penjual tersebut.


Namun karena jumlahnya yang tak sedikit dan masih ada sedikit rasa khawatir, akhirnya ia memutuskan untuk mendatangi penjualnya langsung yang merupakan sebuah toko di salah satu pusat komputer di Jakarta.


Kecurigaannya terbukti saat toko yang dimaksud tak merasa mengiklankan produk apapun di website jual-beli. Lebih parahnya lagi, toko tersebut juga tak merasa memiliki akun pada website tersebut, apalagi sebagai penjual terverifikasi. Jadilah Anto terhindar dari ancaman penipuan.Next


(yud/ash)