5 Kiat Menghasilkan Foto Senja yang Tidak Biasa

http://us.images.detik.com/content/2014/07/15/1279/siluetkamboja.jpgSiluet dari manusia, hewan, perahu dll merupakan subjek menarik untuk memotret sunset. Lokasi di Kamboja. (enchetjin)


Jakarta - Membuat foto yang ciamik saat senja atau kondisi matahari terbenam sebenarnya tidak sulit. Hanya saja kita perlu mengetahui beberapa teknik dasar fotografi untuk mendapatkan hasil maksimal.

1. Cari Lokasi yang Pas


Lokasi yang ideal biasanya adalah lokasi dimana kita bisa melihat matahari tanpa terhalang oleh bangunan, gunung atau pepohonan. Contoh terbaik mungkin adalah pantai, dimana kita bisa melihat matahari turun sampai ke cakrawala.


Sesampai di lokasi jangan buru-buru memasang tripod, sebaiknya jalan-jalan dulu sambil mencari posisi yang menarik, cari subyek menarik yang berada di pantai seperti perahu yang sedang bersandar, atau bunga dan tanaman lain jika lokasi yang kita pilih di daerah padang rumput atau lahan pertanian.


2. Setting Kamera Sebaiknya di Mode Manual


Jika kita sudah akrab dengan ISO, shutter speed dan bukaan/aperture, sebaiknya mengunakan mode manual. Setting favorit saya adalah f/8 - f/16.


Pemilihan tergantung dengan jarak subyek yang terdekat. Jika ada perahu atau bunga yang berada sangat dekat, maka saya akan menggunakan bukaan kecil (f/16) supaya ruang tajamnya luas. Tapi jika tidak ada yang dekat dengan saya, maka f/8 sudah cukup tajam.Next


(ash/ash)