iPhone 5S Terlaris, Galaxy S5 Runner-up

Jakarta - Meski penerusnya diperkirakan tak lama lagi akan dirilis, ternyata angka penjualan iPhone 5S masih tinggi. Hal itu diungkap oleh Counterpoint, peneliti pasar, yang mengumpulkan data penjualan smartphone dari 35 negara.

Dari hasil penelitian itu terungkap bahwa selama bulan Mei 2014, iPhone 5S sudah terjual sebanyak 7 juta unit. Angka sebesar itu menjadikan iPhone 5S sebagai smartphone terlaris di dunia. Sedangkan di posisi runner-up ada Samsung Galaxy S5 dengan penjualan sebanyak 5 juta unit.


Ini cukup mengejutkan, karena seperti yang dilansir CNET, Kamis (17/7/2014), saat Galaxy S5 baru dirilis di bulan April 2014, angka penjualannya cukup tinggi. Sementara iPhone 5S sendiri sudah dilepas ke pasaran sejak bulan September 2013.


Namun kesuksesan iPhone 5S itu tidak diikuti oleh adiknya, iPhone 5C. Penjualan iPhone warna-warni itu lebih sedikit jika dibanding dengan dua ponsel lama Samsung, Galaxy S4 dan Galaxy Note III.


Selain Apple dan Samsung, vendor smartphone lain yang ada di 10 besar smartphone terlaris Mei 2014 adalah Xiaomi, yang diwakili oleh dua buah smartphonenya, MI3 dan Hongmi Redrice.


Sebanyak 40% dari total smartphone yang terjual selama bulan Mei 2014 masuk ke dalam kategori phablet, atau smartphone dengan layar super besar.


Berdasarkan data tersebut, Counterpoint optimistis jika rumor phablet Apple benar adanya maka iPhablet akan masuk ke dalam daftar smartphone terlaris.


(asj/ash)