Kontak Lensa Google Mulai Bisa Dipakai

Jakarta - Kacamata pintar bukan satu-satunya proyek wearable gadget Google yang fokus pada mata. Google juga menyiapkan lensa kontak pintar yang kabarnya kini sudah mulai bisa dipakai.

Seperti detikINET kutip Engadget, Rabu (16/7/2014), tim wearable gadget Google mengonfirmasikan bahwa mereka sudah melisensikan lensa kontak pintar tersebut ke layanan kesehatan Novartis.


"Mimpi kami adalah memanfaatkan elektronik berukuran mikro untuk meningkatkan kualitas hidup jutaan orang. Kami sangat bersemangat bekerjasama dengan Novarts mewujudkan mimpi ini," kata co-founder Google, Sergey Brin.


Di tangan mereka, lensa kontak ini akan dikembangkan lagi untuk keperluan medis. Di dalamnya, dibenamkan teknologi yang bisa membantu mendeteksi penyakit dan kondisi tubuh seseorang.


Sebagai bagian dari kesepakatan, Google dan divisi kesehatan mata Novartis akan membuat lensa kontak pintar yang dilengkapi sensor non-invasive, microchip dan elektronik berukuran mikro lainnya.


Fungsi lensa kontak pintar akan fokus pada dua area. Pertama, sebagai media baru bagi para pasien diabetes untuk mengawasi kadar glukosa, dengan mengukur kadar gula darah di cairan mata.


Kedua, membantu fokus alami mata pada objek yang dekat dan mengembalikan kemampuan melihat bagi yang rabun dekat. Untuk fungsi pendeteksi kesehatan, lensa kontak akan mengirimkan data yang dikumpulkannya ke smartphone atau tablet.


(rns/rou)