Tebakan Cortana Jitu (Lagi), Jerman Juaranya!

Jakarta - Asisten pribadi digital milik Microsoft, Cortana, mungkin seperti 'ahli nujum' di zaman moderen. Bagaimana tidak, tebakannya soal siapa pemenang Piala Dunia 2014 antara Jerman dan Argentina terbukti akurat.

Beberapa hari sebelum pertandingan berlangsung, Cortana ditanya "Siapa yang akan memenangkan pertandingan Jerman melawan Argentina? Fitur itu pun menjawab,"Masih terlalu dini untuk mengatakannya dengan pasti, tetapi saya akan memberikan Jerman keunggulan atas Argentina."


Dan hasilnya memang jitu, pertandingan yang berlangsung alot hingga babak perpanjangan waktu berhasil dimenangi oleh Jerman berkat gol tunggal Mario Gotze. Bahkan soal permainan indah Jerman pun, sempat disinggung Cortana.


Tidak hanya itu, dalam pertandingan perebutan juara ketiga, Cortana kembali menebak prediksi dengan tepat. Cortana menyebut bahwa Belanda akan memenangi pertandingan atas Brasil.


"Terima kasih kepada Bing, Cortana telah secara akurat meramalkan pemenang 15 dari 16 pertandingan Piala Dunia, sejak babak Knock Out digelar," kata Microsoft, yang dikutip detikINET dari WP Central, Senin (14/7/2014).


Memang Cortana dalam memprediksi sesuatu pertandingan didasari pada data-data yang diambil dari Bing--mesin pencari Microsoft. Layanan ini menganalisa bagiamana masing-masing. tim akan tampil.


Kendati bola itu bundar dan semua bisa saja terjadi, nyatanya Cortana mampu membuat analisa dengan tepat berkat data serta fakta selama dan sebelum pertandingan di Piala Dunia 2014.


(tyo/tyo)