Jurus Tri Mendobrak Dominasi 'The Big Three'

Jakarta - "Sekarang tak lagi cuma the big three, tapi sudah the big four. Saya koreksi itu," tegas Bhuwan Kulshreshtha, Chief Commercial Officer Tri Indonesia, berkomentar soal persaingan di bisnis seluler.

Ya, beberapa tahun terakhir, industri seluler Tanah Air sering kali disebut 'cuma' dikuasai oleh operator tiga besar: Telkomsel, Indosat dan XL Axiata. Sementara operator lainnya seperti Tri, Axis, Smartfren, dan Bakrie Telecom berada di layer selanjutnya.


Nah, dengan diakuisisinya Axis oleh XL, maka peta persaingan pun berubah. XL kini berada di posisi kedua. Sementara di papan tengah persaingan menyisakan Tri dan Smartfren.


Khusus bagi Tri, mereka tak mau cuma jadi penyedia layanan GSM di kelas medioker. Ambisi untuk mendobrak dominasi The Big Three pun dikibarkan. Terlebih Tri saat ini memiliki CEO baru, Rajiv Sawhney.


Rajiv sendiri sejatinya bukan orang baru di operator dengan tagline 'Always On' itu. Di tahun 2005, Rajiv termasuk salah satu sosok sentral dalam kelahiran Tri di Indonesia. Dan kini, Rajiv telah kembali untuk memimpin Tri menapak ke level yang lebih tinggi.


"Tri saat ini sudah memiliki 40 juta pelanggan, dan kami sudah cukup puas dengan pencapaian itu," kata Rajiv, dalam bincang-bincang santai dengan segelintir media di Plaza Bapindo, Rabu (16/7/2014) malam.


Adapun strategi untuk melawan operator tiga besar, Tri masih mengandalkan jurus yang lebih agresif di layanan data dan menyasar segmen youth (anak muda).Next


(ash/rns)