Microsoft Pastikan 'Bunuh' Ponsel Android Nokia

Jakarta - Selain melakukan PHK terhadap 18 ribu karyawannya, Microsoft juga membuat pengumuman lain yang cukup mengejutkan. Perusahaan yang dipimpin CEO Satya Nadella ini memutuskan mengakhiri proyek Android Nokia.

Artinya, model Nokia X dan variannya akan menjadi ponsel terakhir Nokia yang berbasis Android. Sedangkan Nokia X2 yang belum lama ini diumumkan belum jelas nasibnya, apakah tetap akan dijual atau tidak.


Model Nokia X kemudian akan jadi bagian dari Lumia dan akan menjalankan sistem operasi Windows Phone. Sedangkan model Nokia X berbasis Android yang sudah beredar saat ini dan digunakan konsumen, dijanjikan tetap akan mendapat dukungan penuh.


"Kami berencana membuat perangkat Lumia harga rendah dengan menggeser desain Nokia X masa depan menjadi perangkat Windows Phone. Kami berharap bisa melakukan hal ini secepatnya sambil tetap menjual dan mendukung produk Nokia X yang sudah eksis," kata Stephen Elop, kepala divisi mobile Microsoft.


Pengembangan ponsel Android Nokia memang dilakukan sebelum proses akuisisi Microsoft selesai. Kini, Microsoft sudah memastikan tidak akan lagi membuat ponsel berbasis Android dan fokus sepenuhnya ke Windows Phone.


Nokia X sendiri diumumkan pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) yang berlangsung di Barcelona Februari 2014 lalu. Baru seumur jagung, Microsoft kini memastikan tidak akan melanjutkannya.


(fyk/ash)