Pemindai Retina di Galaxy Note 4 Kian Nyata

Jakarta - Sebelum Samsung merilis Galaxy S5, beredar rumor soal keberadaan pemindai retina atau retina scanner di smartphonenya. Sayangnya, fitur yang dinantikan itu tak hadir di Galaxy S5.

Meski demikian, Samsung tampaknya masih mengembangkan teknologi retina scanner untuk dibenamkan di gadget terbarunya. Galaxy Note 4 disebut-sebut sebagai gadget yang nantinya akan menggunakan retina scanner.


Informasi ini berdasarkan tweet dari akun Twitter @SamsungExynos. Dalam kicauannya, akun Twitter ini memperlihatkan foto sebuah ponsel dengan user interface pemindaian mata.


Caption dari foto tersebut seolah ingin menguatkan informasi bahwa memang fitur tersebut adalah retina scanner. "Security can be improved using features unique to us. That's what we envision. What would you use?" demikian bunyi kalimatnya.


Seperti dilansir IB Times, Senin (14/7/2014), foto itu pun memperlihatkan teknologi pemindai mata Samsung bisa digunakan untuk melakukan pembayaran mobile dan tagihan listrik serta belanja bulanan.


Kemunculan foto ini tampak cocok dengan informasi yang beredar Mei lalu, yakni ketika Samsung mengajukan aplikasi paten yang berkaitan dengan user interface iris authentication untuk smartphone.


Samsung sendiri beberapa waktu lalu telah mengonfirmasikan akan memperluas fitur scanner di gadgetnya, bahkan hingga ke seri ponsel untuk segmen low-end.


(rns/ash)