Twitter Suarakan 95 Juta Kicauan Pilpres

Jakarta - Selama masa kampanye terbuka hingga pencoblosan pada Rabu 9 Juli 2014 lalu, tercatat ada 95 juta kicauan terkait pemilihan presiden (Pilpres) yang beredar di timeline Twitter.

Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, Indonesia telah dinilai oleh Twitter sebagai tuan rumah bagi salah satu kelompok terbanyak pengguna media sosial, menempati lima besar bagi pasar pengguna Twitter di seluruh dunia.


Sekitar 30% dari total pemilih, atau lebih dari 52 juta orang, merupakan pemilih pemula pada kelompok usia 18-23 tahun. Sehingga tidak mengherankan bilamana partai politik dan politisi menggunakan diplomasi digital dan jaringan sosial seperti Twitter agar dapat berhubungan langsung dengan pemilih pemula.


"Dengan lebih dari 95 juta tweet terkait pemilu dari awal tahun hingga pemilu hari ini untuk pertama kalinya merupakan 'Pemilu Twitter' di Indonesia," tulis Twitter dalam emailnya, Minggu (13/7/2014).


Twitter sendiri telah menganalisa periode masa kampanye dengan intensitas tinggi di antara partai politik serta kandidat terkemuka. Berikut adalah kata kunci percakapan di Twitter dari 4 Juni hingga 9 Juli 2014:


1. Joko Widodo

2. Prabowo Subianto

3. Susilo Bambang Yudhoyono

4. Pemilu 2014 (Presidential Elections 2014)

5. PDIP (The Indonesian Democratic Party of Struggle - Joko Widodo’s Party)

6. Ekonomi (Economy)

7. Demokrat (Democrat)

8. Korupsi (Corruption)

9. PKS (Prosperous Justice Party - a member of Prabowo Subianto’s Coalition)

10. Pilpres 2014 (Presidential Elections 2014)


Sementara, ini adalah 10 besar isu Pemilu yang paling banyak dibicarakan di Twitter (sampai jam 13:30 WIB, 9 Juli):Next


(rou/rou)