Agar Guru Terpencil Ikut Melek Teknologi

Jakarta - Selama satu bulan penuh hingga 31 Juli 2014, Intel Indonesia, Berniaga.com, dan Sekolah Guru Indonesia dari Dompet Dhuafa, menggalang program donasi untuk memajukan kualitas para guru di Indonesia, khususnya di daerah terpencil.

Melalui program donasi yang diberi nama '1 Klik Dobel Hepinya' ini, setiap pemasangan iklan yang ditayangkan di berniaga.com akan langsung didonasikan Rp 5.000.


"Kami berharap sampai akhir program, donasi yang terkumpul bisa mencapai Rp 1 Miliar," kata Deputy General Manager berniaga.com, Reynazran Royono, dalam rilis yang diterima detikINET, Sabtu (19/7/2014).


Donasi yang telah terkumpul di akhir program akan disalurkan melalui Sekolah Guru Indonesia – Dompet Dhuafa dan Intel Indonesia sebagai pelaksana pelatihan untuk guru dan masyarakat kepada 100 pelajar, 100 guru dan 100 masyarakat di wilayah Nunukan, Kalimantan Utara.


Reynazran menambahkan wujud dari program donasi ini adalah beasiswa untuk pelajar dalam bentuk dana pendidikan, pelatihan untuk guru (modul pelatihan didukung oleh Intel Indonesia) dan pelatihan dasar penggunaan komputer (teknologi informasi) serta kewirausahaan untuk masyarakat.


Corporate Affairs Director Intel Indonesia, Deva Rachman, menyambut baik kerjasama program donasi ini karena Intel memiliki komitmen yang sama untuk mengedukasi masyarakat Indonesia di bidang teknologi informasi agar melek secara digital.


Deva menambahkan bahwa melalui pelatihan teknologi informasi bagi pengajar dan masyarakat di Nunukan ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan potensi wirausaha masyarakat dengan penerapan teknologi informasi.


“Kemampuan TIK amat diperlukan oleh masyarakat terutama angkatan kerja, terutama dalam menunjang masyarakat Ekonomi Asean 2015. Menurut data dari Kemenkominfo, Indonesia masih memerlukan lebih dari 60 juta orang melek digital, sehingga melalui program ini kami harapkan dapat sedikit membantu menutupi kekurangan angka tersebut,” ujar Deva.


Marketing Komunikasi Sekolah Guru Indonesia – Dompet Dhuafa, Jahidin Zey mengatakan bahwa pelatihan dan pemberian beasiswa akan difokuskan di lima kecamatan di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, yaitu meliputi Kecamatan Sebatik Induk, Kecamatan Sebatik Tengah, Kecamatan Sei Menggaris, Kecamatan Tulin Onsoi dan Kecamatan Sebuku.


(rou/rou)