Seperti detikINET kutip Reuters, Minggu (13/7/2014), Tencent memperkenalkan layanan mobile advertising dimana satu perusahaan bisa memasang iklan di akun yang telah terverifikasi dengan jumlah 100 ribu. Nantinya, komisi dari pemasangan iklan akan dibagi oleh Tencent dan akun yang terpasang iklan.
Saat ini layanan tersebut masih dalam versi Beta dan baru menyasar pasar Tiongkok. Pasar yang disasar adalah perusahaan yang memiliki akun WeChat. Saat ini ada sekitar 400 juta pengguna aktif WeChat, terutama di Tiongkok.
Aksi WeChat bermain di mobile advertising serupa dengan Line dan KakaoTalk yang mendapatkan komisi dari akun-akun perusahaan yang memanfatkan platform tersebut untuk berpromosi.
Bedanya, layanan WeChat nantinya tidak dikirim sebagai pesan instant, tetapi semacam banner di bawah akun perusahaan. Target audiens pun bisa sesuai profil yang diinginkan berbasis usia, lokasi, bahkan personal interests.
Kunci sukses dari layanan ini adalah perusahaan harus memiliki banyak pengguna.Tantangannya, pengguna lebih memilih kerabat atau saudaranya untuk berkomunikasi di aplikasi itu, ketimbang bergabung ke dalam akun satu perusahaan.
(rou/rou)