Bos Wanita Yahoo Digugat Karena Pelecehan Seks

California - Seorang pejabat tinggi Yahoo digugat ke pengadilan oleh mantan karyawannya. Eksekutif wanita bernama Maria Zhang tersebut dituding melakukan pelecehan seks.

Maria Zhang yang menjabat sebagai Senior Director of Engineering Yahoo Mobile, digugat oleh mantan anak buahnya yang bernama Nan Shi ke pengadilan Santa Clara Superior Court, California. Nan Shi bekerja untuk Maria pada tahun 2013.


Menurut Nan Shi, Maria memaksanya beberapa kali melakukan oral seks dan juga seks melalui media digital di kantor pusat Yahoo yang berlokasi di Sunnyvale, California. Nan Shi dijanjikan karir yang cemerlang jika mau menuruti kemauan tidak wajar dari Maria.


Nan Shi mengklaim laporannya tentang pelecehan seks tersebut tidak digubris oleh divisi SDM Yahoo. Nan Shi malah kemudian diberhentikan dari posisinya. Maka selain Maria, Nan Shi juga menggugat Yahoo.


Yahoo sendiri meyakini bahwa Maria tidak bersalah. Perusahaan portal internet yang cukup ternama ini siap membela Maria dan melawan gugatan hukum yang diajukan Nan Shi.


"Sama sekali tidak ada dasar atau kebenaran dalam tuduhan terhadap Maria Zhang. Maria adalah eksekutif teladan Yahoo dan kami berniat membersihkan namanya," kata perwakilan Yahoo, yang dikutip detikINET dari Reuters, Senin (14/7/2014).


(fyk/tyo)