Samsung, Mantan Produsen Mie yang Meraksasa

Jakarta - Salah satu pilar ekonomi Korea Selatan adalah beberapa perusahaannya yang mendunia. Salah satunya tentu saja Samsung Group, yang kini di bawah bendera Samsung Electronics menjadi raksasa elektronik dengan operasi global.

Padahal pada awalnya, Samsung sama sekali tidak memproduksi barang elektronik. Perusahaan ini didirikan oleh Lee Byung Chull pada tahun 1938 sebagai perusahaan perdagangan makanan.


Samsung saat itu antara lain memproduksi mie dan berkantor di wilayah Daegu, Korea Selatan. Perusahan ini lumayan sukses dan kemudian pindah kantor ke Seoul.


Setelah perang Korea selesai, Samsung mulai melebarkan sayap bisnisnya. Pada tahun 1954, Samsung membangun pabrik pakaian wol terbesar di Korsel.


Sukses di bidang bisnis yang dirintisnya, Samsung akhirnya memutuskan masuk ke bisnis elektronik pada tahun 1960. Produk pertama mereka adalah televisi berlayar hitam putih.


Sejak tahun 1990-an, Samsung Electronics menapak pada kejayaan. Mereka menjadi produsen memory chip terbesar di dunia pada tahun 1992 dan produsen chip nomor dua setelah Intel.


Samsung memproduksi hampir semua perangkat elektronik, termasuk smartphone. Dilihat dari unit terjual, Samsung saat ini adalah produsen ponsel terbesar menggantikan Nokia. Mereka juga berstatus produsen televisi dengan penjualan terbanyak sejak tahun 2006.Next


(fyk/ash)