'Ponsel Jangkrik' Tak Cuma Project Ara Google

Jakarta - Modular smartphone Project Ara yang digagas oleh Google masih terus dikembangkan. Namun calon pesaing Project Ara sudah menebar ancaman.

Adalah Puzzle Phone yang merupakan 'ponsel jangkrik' lain yang tengah dalam pengembangan. Seperti halnya Project Ara, Puzzle Phone adalah ponsel Android yang dapat di-upgrade sendiri oleh pemiliknya.


Hal tersebut memang memungkinkan terjadi, sebab beberapa bagian Puzzle Phone dapat dicopot dan dipasang dengan komponen lainnya. Mulai bagian LCD, kamera, RAM, ROM dan beberapa bagian lainnya.


Dikutip detikINET dari Gizmodo, Selasa (2/12/2014), setidaknya ada 3 bagian atau piece by piece yang bisa dicopot lalu pasang. Bagian tersebut adalah The Brain (core electronics dan kamera), The Heart (baterai dan secondary tech), dan The Spine (LCD, speaker dan basic shape).


Memang Puzzle Phone tak sefleksibel Ara, namun pembesutnya menjanjikan model smartphone yang tipis dengan ragam teknologi baru di dalamnya.


Tertarik? Calon pembeli masih harus menunggu Puzzlephone ini setidaknya hingga pertengahan tahun 2015. Karena sampai sekarang, piranti tersebut masih terus dikembangkan.


(tyo/ash)