Grand Theft Auto: Kontroversial Tapi Sangat Fenomenal

Jakarta - Para gamer pasti pernah memainkan atau setidaknya mendengar nama Grand Theft Auto (GTA). Banyak memicu kontroversi, GTA di sisi lain adalah game sangat fenomenal dan selalu laku keras. Bahkan, berbagai rekor dipecahkan sejak seri pertamanya.

Tengok saja seri terbarunya, GTA V yang penjualannya disetop di Australia. Game yang rilis 17 September 2013 ini disebut-sebut sebagai salah satu game yang paling populer dan berpengaruh.


Bayangkan saja, penjualannya dalam satu hari mampu mencapai angka USD 800 juta. Jumlah itu jauh meninggalkan pencapaian film-film terkenal Hollywood.


Dalam tiga hari, penjualannya sudah tembus USD 1 miliar. GTA V pun disebut-sebut sebagai produk hiburan dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah.


Kontennya memang penuh kekerasan atau pembunuhan, tapi keasyikan memainkan membuat berbagai review memujinya. Bahkan beberapa media teknologi menilainya sebagai Game of The Year di tahun 2013. Salah satunya Best British Game oleh BAFTA.


"GTA V adalah salah satu game terbaik yang pernah diciptakan," tulis IGN. "Ini adalah terobosan kolosal dalam bidang teknis," tulis Telegraph. Di Metacritic, skor GTA V adalah 97 dari seratus.


Game GTA sebelumnya juga mencetak prestasi luar biasa. Misalnya Grand Theft Auto: San Andreas yang rilis pada tahun 2004 adalah game dengan penjualan terbaik sepanjang masa untuk konsol PlayStation 2.


Total semua seri sudah terjual di kisaran 150 juta kopi sampai September 2013. Dipastikan pada saat ini, jumlah itu sudah bertambah.


(fyk/ash)