Di Korut, Hacker Jadi Profesi yang Didambakan

Jakarta - Korea Utara mempunyai pasukan elite khusus cyber yang diberi nama Bureau 121. Hacker yang difungsikan sebagai alat bela negara ini, begitu disanjung di negaranya.

Bureau 12 adalah divisi yang beranggotakan ahli-ahli komputer yang berbakat dan mendapat pelatihan sejak usia dini.


Pelatihan tersebut dilakukan di University of Automation, universitas milik militer Korea Utara. Mereka memilih anak-anak yang berbakat di bidang tersebut, dan menyekolahkannya di universitas tersebut.


Jang Se-Yul adalah salah seorang pernah belajar di kampus tersebut, sebelum akhirnya ia melarikan diri ke Korea Selatan enam tahun yang lalu.


Seperti yang dilansir Reuters, Jumat (5/12/2014), Jang menceritakan kisah seorang temannya yang bekerja di Bureau 121. Temannya itu adalah hacker yang bekerja 'di luar kantor'. Sebagai samaran, ia ditempatkan untuk bekerja di perusahaan perdagangan.


"Tak ada yang tahu, perusahaannya berbisnis seperti biasa. Itulah yang membuat (pekerjaannya) lebih menakutkan," ujar Jang.


Kesejahteraan keluarganya pun terjamin. Teman Jang --yang berasal dari daerah pedesaan di Korea Utara-- mampu membiayai keluarganya untuk tinggal di sebuah apartemen yang sangat besar di pusat kota Pyongyang.Next


(asj/tyo)