Menyiasati Memotret Kondisi Low Light dengan Ponsel

Jakarta - Saya mau bertanya saat kita mau mengambil foto dengan memakai ponsel dalam kondisi low light, sebaiknya menggunakan flash atau nilai Exposure Value (EV) saja yang dinaikan? karena jika menggunakan flash terkadang membuat sebagian orang terganggu dengan kilatan cahaya dari lampu flash atau juga sering terjadi red eye. (Yohanes_bonardo)

Jawaban:


Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Saat kita menaikkan EV, ponsel kamera biasanya akan menaikkan ISO sehingga akibatnya kualitas gambar akan berkurang karena munculnya noise (bintik-bintik) dan warna menjadi pudar.


Sedangkan jika memakai flash, kualitas foto dan warna lebih baik. Tapi juga ada kelemahannya seperti yang disebutkan diatas. Jika memotret orang dari jarak dekat, bisa jadi muncul red eye (efek mata merah), atau saat memotret permukaan benda yang mudah memantulkan cahaya seperti kaca, cermin, logam, kayu, maka pantulan cahaya yang disebut highlight spot ini juga akan mengganggu.


Saat memotret di kondisi kurang cahaya, memang kedua opsi diatas punya plus minus sendiri-sendiri. Opsi lain yaitu dengan menyetel ISO rendah (misalnya 100) jika memungkinkan, lalu tempatkan ponsel di atas tripod.


(jsn/tyo)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.