Vendor Global pun Pakai 'Desain' Ponsel asal Indonesia

Jakarta - Di Indonesia, baru satu independent desainer house yaitu TSM Technologies. Kendati demikian, perusahaan yang baru bergerak sejak tahun 2012, sudah mempunyai klien dari dalam maupun luar negeri.

Dijelaskan oleh Chairman PT Tata Sarana Mandiri, Sam Ali, bahwa setidaknya ada empat vendor lokal dan 40 merek dari vendor smartphone global yang menggunakan jasanya.


"Soal nama, ya maaf kami tidak bisa menyebutkan terkait masalah etika," kata Sam, saat ditemui di Grand Indonesia, Kamis (4/12/2014).


Dia menambahkan bahwa, vendor lokal tentu saja diperuntukkan bagi ponsel dalam negeri. Namun demikian, tidak dengan vendor global yang ternyata juga diperuntukkan untuk pasar di luar Indonesia.


TSM Technologies berbeda dengan Mito atau Evercoss, yang dikenal sebagai brand owner yang memasarkan mereknya sendiri--walaupun masih mengandalkan pihak lain untuk desain.


"Kami berbeda, karena kami juga mendesain untuk pihak lain (ODM) atau menawarkan desain yang sudah ada untuk diproduksi oleh pihak lain (OEM)," kata Chairman PT Tata Sarana Mandiri Sam Ali, di kesempatan yang sama.


Maksudnya begini, ODM adalah desain baik dari sisi tampilan chasing, bentuk ponsel, atau sudut ponsel itu sendiri dipesan oleh satu vendor dan akan dimiliki oleh si vendor itu.Next


(tyo/rns)