Ini Sosok Pencipta Game Fenomenal Grand Theft Auto

Jakarta - Tak dapat dipungkiri kalau serial game Grand Theft Auto (GTA) itu fenomenal. Sejak keluar seri pertamanya pada tahun 1997 untuk konsol PlayStation, GTA selalu laris dan selain itu, juga selalu menuai kontroversi.

Yang terbaru, seri GTA V dihentikan penjualannya di Australia karena dianggap mengandung konten kekerasan pada wanita. Menengok ke belakang, siapa sebenarnya sosok yang punya ide menciptakan game penuh aksi tersebut?


GTA rupanya digagas keroyokan oleh beberapa orang, yakni David Jones, Dan Houser, Sam Houser, Mike Dailly, Leslie Benzies, dan Aaron Garbut. Mari sedikit berkenalan dengan salah satunya, David Jones yang berasal dari Skotlandia.


David Jones ini adalah pendiri DMA Design, perusahaan developer game yang didirikan pada tahun 1988. David memang sudah hobi main game sejak kecilnya. Berkat kerja keras Jones dan ide kreatifnya, DMA sukses membuat beberapa game dan mulai mempekerjakan orang.


Sukses besar pertama DMA Design adalah game bernama Lemmings. Penjualannya dalam dua tahun tembus angka 1,5 juta poundsterling, jumlah yang besar kala itu. Jones pun kaya raya dan mampu membeli mobil Ferrari idamannya sejak dulu.


Salah satu programmer berbakat yang turut menggagas Lemmings adalah Mike Dailly. Tak puas cuma sampai di situ, Dailly ini terus mencari ide untuk game baru.


Ia lalu membayangkan menciptakan game virtual tiga dimensi (3D) dengan lingkungan kota yang luas. Teknologi sudah memungkinkan membuat game semacam itu.Next


(fyk/ash)