Mencari Ponsel Lokal 'Berdarah Murni'

Jakarta - Selama ini vendor merek lokal seperti Mito, Advan atau Evercoss dipercaya masih sangat bergantung dengan industri komponen China. Artinya masih sulit untuk mencari vendor lokal 'berdarah murni'.

Nah, berangkat dari keyakinan tersebut rasanya kedatangan TSM Technologies oleh PT Tata Sarana Mandiri layak diberi ruang sebagai pembesut Original Desain Manufacture (ODM).


"Sebagai ODM kami menjalani proses mulai dari kustomisasi perangkat lunak, sistem operasi, antarmuka, desain produk hingga desain tata letak sirkuit (PCB)," kata Benson E. Kawengian, Managing Director TSM Technologies, di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (4/12/2014).


Bergerak sejak tahun 2012 lalu, saat ini TSM Technologies sudah memproduksi ponsel lokal yang mendukung konektivitas jaringan generasi keempat (4G) berbasis Long Term Evolution (LTE), baik TDD (Time Division Duplexing) atau FDD (Frequency Division Duplexing).


TSM Technologies berbeda dengan Mito atau Evercoss, yang dikenal sebagai brand owner yang memasarkan mereknya sendiri -- walaupun masih mengandalkan pihak lain untuk desain.


"Kami berbeda, karena kami juga mendesain untuk pihak lain (ODM) atau menawarkan desain yang sudah ada untuk diproduksi oleh pihak lain (OEM)," kata Chairman PT Tata Sarana Mandiri Sam Ali, di kesempatan yang sama.


Maksudnya begini, ODM adalah desain baik dari sisi tampilan chasing, bentuk ponsel, atau sudut ponsel itu sendiri dipesan oleh satu vendor dan akan dimiliki oleh si vendor itu.


"Sementara kalau OEM berbeda, kita buat desain untuk ponsel 4G berukuran 4 inch, atau 5 inch dengan bentuk atau bagian yang berbeda. Lalu kita tawarkan ke beberapa vendor. Bila mau, ya desain ini boleh diproduksi oleh dia atau mereka," tambahnya.


TSM Technologies juga menerima pemesanan baik ODM atau OEM desain tata letak sirkuit (PCB) saja. Namun dengan minimal order.


"Ya, kalau di komputer kita mengenal rakitan. Nah, kita yang memproduksi motherboard-nya," tandas Sam. (tyo/ash)