Grand Theft Auto Dirancang Bikin Rusuh Sejak Lahir

Jakarta - Bukan Grand Theft Auto (GTA) namanya kalau tidak memicu kontroversi. Setiap serinya selalu mengandung pro dan kontra. Kabarnya, GTA memang sudah dirancang bikin rusuh sejak hari pertama kelahirannya.

Seri pertama GTA dirilis pada tahun 1997, dibuat oleh developer game DMA Design dan dipublikasikan BMG Interactive. Dalam game itu, pemain berperan sebagai penjahat yang berkeliling kota mencari mangsa.


Selain temanya yang kontroversial dan penuh aksi kekerasan, kesuksesan GTA juga dibantu oleh pakar public relations di Inggris bernama Max Clifford. Peran Clifford ini diungkap oleh David Jones dan Mike Dailly, kreator GTA.


Clifford merancang strategi agar GTA cepat populer. Caranya justru adalah dengan mengumbar sisi negatif game tersebut, misalnya cerita yang penuh kekerasan.


"Max Clifford yang membuat semua itu terjadi. Dia itulah yang bikin semua kontroversi, bahkan menggaransi kalau anggota parlemen pun akan terlibat. Dia membuat GTA banyak dibicarakan," kata Dailly.


Ya, Clifford ini sengaja merancang agar GTA bikin resah masyarakat. Ia tak segan memberitahu para politisi mengenai betapa brutal game tersebut. Para politisi di Inggris, Jerman dan Perancis pun ramai-ramai mengkritik GTA bahkan sebelum game itu dijual.


"Dia mengatakan pada kami bagaimana dia akan memainkannya, siapa yang jadi targetnya, dan apa yang akan dibicarakan orang-orang. Semua yang dikatakannya itu menjadi kenyataan," papar Jones.


Jones sendiri berkilah dia sebenarnya tidak berniat membuat GTA menjadi kontroversi di publik. Tujuan utamanya adalah menciptakan game yang fun untuk dimainkan.


"Kami tidak pernah dipengaruhi oleh kata kata seperti 'mari bikin sedikit kontroversi'. Kami selalu melakukan dari perspektif tentang apa yang akan menjadi hal yang paling fun," sebut dia.


(fyk/ash)