Apa Untungnya Bikin Ponsel Pakai 'Arsitek Lokal'?

Jakarta - TSM Technologies yang digagas oleh PT Tata Sarana Mandiri boleh dibilang merupakan independent desain house pertama yang ada di Indonesia. Bagi vendor lokal, apa sih untungnya?

Advisory Board Microelectronics Center ITB, Adi Indrayanto, lima value chain yang dibutuhkan untuk industri ponsel lokal adalah distributor, brand owner, independent desain house, manufacture dan chipset vendor.


Soal independent desain house inilah baru dimiliki Indonesia, yang datang melalui TSM Technologies yang digagas PT Tata Sarana Mandiri.


Adi mengibaratkan TSM Technologies ini seperti arsitek yang membangun desain dan kemudian hasilnya diberikan kepada Teknik Sipil untuk diperbanyak.


"Dari segi bahasa. Karena kita berada di negara yang sama, tentu saja komunikasi mengenai desain apa yang dimau tentu saja akan jauh lebih mudah dan cepat," kata Chairman PT Tata Sarana Mandiri, Sam Ali, di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (4/12/2014).


Selain masalah bahasa yang bisa diatasi, vendor lokal tentu saja akan mudah mengejar bila kerusakan. Karena masalah teknis tersebut tak perlu dibawa ke luar negeri, cukup di Indonesia saja.


"Ya, artinya kami harus menyediakan after sales. Itu sudah kami sediakan di sini," sebutnya.Next


(tyo/ash)