Pocin Dominasi Pasar Ponsel Dunia

Jakarta - Saat tahun 2014 berakhir, pengapalan ponsel buatan produsen asal China diperkirakan akan melewati angka 450 juta unit ponsel. Itu berarti sekitar 40% dari total ponsel yang dikapalkan secara global.

Data tersebut dipublikasikan dalam laporan milik TrendForce. Laporan itu juga menunjukkan pengapalan ponsel buatan China tiap tahunnya meningkat sebanyak 50%, sejak vendor-vendor asal China mulai menggarap pasar internasional pada tahun 2011.


Namun pertumbuhan tersebut diperkirakan akan melambat ke angka 17% pada tahun 2015. Penyebabnya adalah berkurangnya subsidi operator dalam penjualan ponsel di China daratan, sehingga harga ponsel lebih mahal.


Meski begitu, jumlah pengapalan ponsel China masih akan berada di atas angka 40% pada tahun 2015, dan bisa saja melewati 50% pada tahun 2016. Itu dikatakan analis TrendForce Alan Chen, seperti yang dilansir oleh Cnet, Kamis (4/12/2014).


Sebelumnya Lenovo, Huawei, dan Xiaomi --tiga vendor asal China-- telah menyatakan ambisinya untuk menguasai pasar ponsel dunia di tahun-tahun mendatang.


Ketiganya tahun ini telah mengapalkan lebih dari 60 juta ponsel. Angka tersebut menempatkan mereka tepat di bawah Apple dan Samsung, dua penguasa pasar ponsel dunia.


(asj/fyk)