Wah! Insiden Payudara Janet Jackson Jadi Inspirasi Lahirnya YouTube

Jakarta - YouTube sekarang meraksasa sebagai website berbagi video paling banyak dikunjungi. Usianya sudah genap 10 tahun. Untuk merayakannya, sepertinya menarik mengungkap kisah di balik penciptaan YouTube yang ternyata bukan murni buatan Google.

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chan dan Jawed Karim. Ketiganya adalah mantan pegawai PayPal. Hurley kuliah di Indiana University of Pennsylvania. Sedangkan Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois.


Karim mengatakan kalau inspirasi pembuatan YouTube pertama muncul saat ada kejadian heboh payudara Janet Jackson terlihat saat Super Bowl 2004 dan munculnya tsunami dahsyat akhir tahun tersebut. Karim mencari video tersebut tapi sangat kesulitan.



Maka muncullah ide untuk membuat semacam media berbagi video online. Bersama Chad dan Steve, Karim pun membuat cikal bakal YouTube. Pada awalnya, mereka mendapat pendanaan USD 11,5 juta dari Sequoia Capital dan berkantor pusat di San Mateo California.


Nama domain www.youtube.com diaktifkan pada tanggal 14 Februari 2005. Tanggal inilah yang dianggap sebagai hari lahir YouTube. Sedangkan video pertamanya berjudul Me at the Zoo yang menunjukkan Karim sedang berada di kebun binatang San Diego.


Perekam video itu adalah Yakov Lapitsky, teman Karim. Yakov mengaku tidak sadar kalau kala itu sedang membuat sejarah, membuat video YouTube yang paling pertama. Sejak saat itu, YouTube perlahan tapi pasti, menjadi sangat populer.


Dicaplok Google


Ide bahwa siapapun dapat upload video dan membaginya secara online ditanggapi hangat. Hanya setahun kemudian, sudah 65 ribu video di-upload setiap hari. Pengelola situs pun kelimpungan karena trafik terus melonjak.Next


(fyk/ash)