RIM Tambah 15 Ribu Aplikasi untuk BlackBerry 10




(Ist/Cnet)


Ottawa - Kurangnya aplikasi disadari Research In Motion (RIM) sebagai salah satu kendala merilis BlackBerry 10. Itu sebabnya, RIM pun menyiapkan sebanyak-banyaknya aplikasi untuk platform terbarunya tersebut.

Menjelang peluncuran BlackBerry 10, RIM menggelar Port-A-Thon pekan lalu. Di sini, para developer dibantu untuk melakukan port aplikasi mereka yang sudah ada ke platform BlackBerry 10.


Dalam 'porting party' ini, demikian sebutannya, RIM mengerahkan ahli OS mereka untuk membantu proses porting aplikasi. Berlangsung selama 37,5 jam, pada akhirnya RIM sukses mencapai target.


Seperti dilansir The Verge dan dikutip detikINET, Selasa (15/1/2013), dalam event yang digelar sepekan lamanya tersebut, lebih dari 15 ribu aplikasi berhasil ditambahkan.


"Well there you have it. 37.5 hours in, we hit 15,000 apps for this portathon. Feel like I've run a marathon. Thanks to all the devs!" demikian kicau Alec Saunders, VP Developer Relations RIM di akun Twitternya.


Kepada developer, RIM juga memberikan USD 100 untuk setiap aplikasi yang disetujui di BlackBerry App World. Dua ratus developer pertama yang memporting 5-10 aplikasi diberi perangkat BlackBerry Dev Alpha.


Sedangkan 10 developer pertama yang memporting lebih dari 10 aplikasi diundang menghadiri perhelatan BlackBerry Jam Europe untuk merayakan peluncuran BlackBerry 10.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!