Apple Siap Gugat BlackBerry 10?




BlackBerry Z10 & iPhone 5 (dailymail)


Jakarta - Handset dengan sistem operasi BlackBerry 10 telah diluncurkan. Versi layar sentuhnya yang dinamakan BlackBerry Z10 dinilai rentan kena gugatan dari Apple.

Pasalnya, wujud Z10 dianggap mirip-mirip dengan iPhone 5. Bentuknya persegi panjang dengan sudut membulat. Terlebih, Apple kerap mempermasalahkan handset dengan bentuk semacam ini sebelumnya, misalnya seri Samsung Galaxy S.


"Jika ada yang patut diperhatikan adalah bentuk Z10, sudutnya yang membulat terlihat sangat mirip dengan produk Aple," kata Will Findlater dari majalah teknologi Stuff yang detikINET kutip dari DailyMail, Senin (4/2/2013).


Namun di samping kesamaan bentuk, memang banyak perbedaan antara iPhone 5 dan BlackBerry Z10. Sehingga Apple dinilai masih harus berpikir panjang untuk mengajukan gugatan.


"Tidak bisa dibantah bahwa desainnya mirip dalam pandangan pertama, namun apa yang ada di dalamnya sangat berbeda," kata Ernest Doku dari uSwitch. Ia merujuk pada tampilan sistem operasi BlackBerry 10.


"Berdasarkan apa yang sudah terjadi, saya pikir Apple tidak akan menggugatnya. Menilik bentuknya, dimensinya tetap saja berbeda dan derajat kelengkungan sudutnya juga berbeda," ucap Vicki Salmon, pakar paten dari IP Asset.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!